Cara Memenuhi Kebutuhan Nutrisi Janin

Wednesday, April 20th 2016. | Kesehatan
Advertisements

Nutrisi bayiMasa kehamilan adalah masa yang sangat penting bagi anda para calon ibu untuk memperhatikan sekaligus menjaga kesehatan kandungan anda, gaya hidup serta pola makan sehat juga menjadi cara memenuhi kebutuhan nutrisi janin anda. Ada beberapa jenis –jenis nutrisi yang harus dipenuhi ketika hamil contohnya seperti zat protein, karbohidrat, mineral, lemak, vitamin dan juga air yang cukup, vitamin memiliki peran yang sangat penting yaitu membantu dalam proses metabolisme yang ada dalam tubuh sekaligus mampu meningkatkan pertumbuhan bayi selama berada didalam kandungan.

Oleh karena itulah, ibu hamil harus mengetahui kebutuhan nutrisi janin yang ada dalam kandungan agar tetap sehat dan juga terjaga, bagimana cara memenuhi kebutuhan nutrisi janin pada saat mengandung? Berikut ini penjelasannya.

Cara Memenuhi Kebutuhan Nutrisi Janin

1. Mengkonsumsi asam float
Mengkonsumsi asam float menjadi salah satu cara memenuhi kebutuhan nutrisi janin anda, asam float sangat dibutuhkan karena berfungsi untuk mencegah NTD atau neural tube defect, sejenis penyakit cacat yang menyerang sistem syaraf pada janin. Biasanya NTD ini berkembang pada hari ke 28 setelah pembuahan, pada saat itulah para ibu-ibu belum menyadari bahwa mereka sedang mengandung, selain itu juga jika anda sedang mengalami program kehamilan maka anda sangat dianjurkan untuk mengkonsumsi empat ratus gram asam folat sampai usia kehamilan anda mencapai tiga bulan. Jangan khawatir, anda bisa mendapatkan zat asam folat ini dari makan-makanan yang anda konsumsi contohnya seperti sayur-sayuran hijau, nasi, dan juga beras yang berwarna coklat sertan kacang-kacangan dan buah jeruk.

2. Mengkonsumsi zat besi
Bagi anda para ibu-ibu yang sedang mengandung maka selain asam folat, zat besi juga dibutuhkan untuk memenuhi kebutuhan nutrisi janin anda, fungsi dari zat besi inipun tak kalah penting nya yaitu sebagai pembentukan sel darah merah yang ada dalam tubuh karena sebenarnya sel darah merahlah yang akan membawa oksigen keseluruh tubuh dan juga pada janin anda.

Jika anda kekurangan zat besi dalam tubuh maka tidak menutup kemungkinan akan menyebabkan penyakit anemia yang efeknya akan membuat anda merasa lelah, lesu dan muka terlihat pucat. Disamping itu juga peran zat besi ini sangat penting bagi janin anda terutama dalam masa pertumbuhannya, jika anda kekurangan zat besi maka resiko bayi lahir prematur (lahir dengan berat badan yang tidak normal) akan lebih tinggi. Tidak perlu bingung-bingung bagaimana cara memenuhi kebutuhan nutrisi janin anda, karena makanan seperti daging tanpa lemak, sayuran hijau dan kacang-kacangan pun mengandung zat besi yang sangat tinggi.

Seperti itulah cara memenuhi kebutuhan nutrisi janin pada saat anda hamil, dengan memenuhi kebutuhan nutrisi bayi anda maka secara otomatis bayi anda yang ada dalam kandungan akan selalu sehat dan tercukupi nutrisinya sehingga pada saat dia lahir tubuh dan fisiknya akan sehat dan juga normal.

tags: