Manfaat dan khasiat biji wijen untuk kesehatan

Monday, April 4th 2016. | Manfaat dan khasiat
Advertisements

Wijen banyak dikenal sebagai salah satu bahan pelengkap makanan dengan bentuk berupa biji-biji kecil. Selain untuk bahan makanan, ternyata wijen juga memiliki banyak khasiat untuk kesehatan. Tanaman wijen dapat tumbuh dengan baik di area yang panas. Sedangkan biji wijen yang memiliki kualitas terbaik ciri-cirinya lembut bila disentuh tangan, warnanya merah, serta mengandung sedikit gabah. Selain wijen merah, ada juga wijen yang berwarna putih, kuning, hitam, dan merah. Perbedaan warna ini disebabkan oleh adanya perbedaan pigmen tanaman. Salah satu contoh konsumsi wijen bisa dengan dicampurkan dalam beras sebelum dimasak, sebagai taburan kue atau makanan, maupun ditaburkan pada sereal ketika hendak diseduh.

Kandungan dalam biji wijen

Manfaat biji wijen

Khasiat wijen bagi kesehatan tak lepas dari kandungan berbagai zat dalam biji wijen. Dari sejumlah penelitian, diketahui beberapa kandungan zat-zat kimia di dalamnya, seperti gliserida (meliputi asam oleat, palmitat, linoleat, miristinat, stearat), sesamolin, sesamin, lignans, sesamol, planteose, pedaliin, sitokrom C, prantosa, protein, vitamin B1, A, dan E. Wijen juga mengandung fitosterol (yakni sterol tanaman) serta serat bernama lignin. Dalam wijen terkandung 400-413 fitosterol /100 gr, jumlah ini adalah yang tertinggi diantara jenis kacang-kacangan dan biji-bijian.

Selain itu, biji wijen juga kaya akan kandungan nutrisi. Dalam ΒΌ gelas wijen terkandung kalsium sebanyak 351 mg (35% dari total kebutuhan kalsium setiap harinya), serta magnesium sebanyak 126 mg. Wijen juga kaya akan mineral seperti zinc (seng) dan tembaga.

Manfaat dan khasiat biji wijen untuk kesehatan

Untuk khasiat wijen bagi kesehatan, ada beragam manfaat yang bisa diperoleh seperti manfaat pencegahan, pengobatan, bahkan perawatan kecantikan. Beberapa diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Untuk manfaat preventif, wijen bisa digunakan untuk mencegah masalah kerontokan rambut, penuaan, penyakit degeneratif, stroke, hipertensi, rambut beruban, dan lain sebagainya. Untuk menghambat penuaan, caranya bisa dengan mencampurkan biji wijen dengan gula merah dan kacang merah kecil dalam olahan bubur.
  • Untuk manfaat pengobatan wijen cukup banyak sekali. Misalnya wijen bisa dimanfaatkan untuk mengatasi batuk, sakit perut-diare, katarak, kencing nanah, sakit kepala, sembelit, kencing manis, rematik, beser, dan luka-luka.
  • Kandungan serat bernama lignin dan fitosterol atau sterol tanaman dalam wijen mampu memerangi kolesterol. Lignan yang ditemukan dalam wijen adalah sesamolin dan sesamin. Lignan ini memiliki khasiat menurunkan kolesterol. Selain itu, konsumsi fitosterol bisa juga mengurangi resiko terjadinya kanker.
  • Wijen berkhasiat pula untuk merawat serta meningkatkan fungsi lever, stamina, kecerdasan, dan untuk menghitamkan rambut. Pengolahan wijen untuk khasiat tersebut bisa dengan dimasak dengan campuran bahan yang lain, baru kemudian dimakan seperti biasa.
  • Taburan biji wijen pada sayuran atau makanan berkhasiat untuk memperbanyak ASI serta munculnya uban pada rambut.
  • Kandungan kalsium dan magnesium dalam biji wijen dapat berperan untuk mengontrol tekanan darah dan mengurangi kemungkinan terjadinya migrain serta hipertensi. Selain itu, kejang atau spasm pada jalan udara yang dialami penderita asma bisa dikurangi. Kedua mineral diatas juga berkhasiat memperbaiki pola tidur, utamanya pada wanita masa menopause yang kerap mengalami masalah gangguan tidur.
  • Kandungan tembaga dalam wijen memiliki khasiat antiradang serta mampu mengaktifkan enzim untuk pembentukan elastin dan kolagen, yang pada dasarnya membentuk struktur serta elastisitas tulang, sendi dan kulit.
  • Untuk untuk mencegah serta mengatasi penyakit degeneratif, bagian wijen yang dimanfaatkan adalah minyaknya. Minyak wijen digunakan untuk tumisan masakan atau sop yang hendak dikonsumsi penderita. Pengolahan lain (khususnya untuk mengatasi darah tinggi) bisa ditempuh dengan menyeduh bubuk biji wijen kering bersama air panas, kemudian diminum. Bisa pula dengan merebus bubuk wijen, kemudian air saringan rebusannya diminum hingga 2-3 kali sehari.
  • Selain manfaat pengobatan, biji wijen berkhasiat juga untuk kecantikan. Untuk manfaat ini, wijen biasanya digunakan sebagai masker wajah. Masker wijen ini sendiri biasanya digunakan oleh para wanita yang sedang berada dalam masa nifas sehabis melahirkan. Dengan menggunakan masker wijen, diharapkan kecantikan wajah sebelumnya bisa kembali seperti semula. Warna merah kehitaman pada kulit wajah sehabis melahirkan biasanya dapat pulih dengan rutin memakai masker olahan biji wijen.
  • Wijen juga berkhasiat untuk mengatasi masalah kulit berguna seperti gatal-gatal, panu, eksim, jerawat, dan kurap. Sedang untuk caranya bisa dengan mengoleskan bubuk biji wijen halus.

tags: