June 18, 2021 3:27 am
Cara Mengatasi Sleep Paralysis dengan Mudah di Rumah

Cara Mengatasi Sleep Paralysis dengan Mudah di Rumah

Cara mengatasi sleep paralysis sebenarnya sangat mudah. Namun orang-orang di negeri ini lebih senang mengaitkan sleep paralysis atau ketindihan ini dengan hal-hal mistis. Mereka seringkali berpikiran jika ketindihan ini disebabkan oleh makhluk halus. Mereka dipercaya datang untuk menindih manusia ketika tidur.

Padahal kondisi satu ini sebenarnya dipicu oleh gangguan kesehatan pada tubuh. Beberapa penelitian medis sudah membuktikan jika ketindihan bisa diatasi dengan berkonsultasi langsung kepada dokter ahli. Namun bisa juga dengan melakukan beberapa trik sederhana saja sebelum tertidur. Ini terbukti sangat efektif.

Jika belum memahami istilah ketindihan atau sleep paralysis ini, ketindihan adalah momen di mana orang tidur mengalami mimpi namun mimpi tersebut sangat terasa nyata. Namun dia tidak bisa berkata-kata atau bergerak pada mimpi tersebut. Tubuh korban selalu mati rasa pada saat ini terjadi.

Cara Mengatasi Sleep Paralysis dengan Mudah di Rumah
Cara Mengatasi Sleep Paralysis dengan Mudah di Rumah

Durasi sleep paralysis ini bisa berlangsung selama beberapa detik saja, atau bahkan hingga beberapa menit. Jika sampai terjadi, tentu saja hal ini akan sangat merepotkan. Namun tidak perlu khawatir karena ternyata ada beberapa cara mengatasi sleep paralysis paling mudah untuk mengatasinya.

Cukupkan Waktu Tidur, Perbaiki Posisi Tidur

Cara pertama untuk mengatasi sleep paralysis ini adalah dengan mencukupkan waktu tidur. Beberapa penelitian oleh para ahli membuktikan bahwa kurangnya waktu tidur bisa mempermudah seseorang untuk terkena ketindihan.

Jika sering mengalami kondisi satu ini, pastikan untuk mencukupkan waktu tidur. Kualitas tidur sangat besar peranannya dalam menjaga kesehatan sekaligus menghindarkan diri dari kondisi menyeramkan ini. Istirahatkan tubuh selama 6 hingga 8 jam setiap malam. Biasakan juga untuk tidur atau bangun di waktu sama setiap harinya.

Seringkali disepelekan, hal lain dengan pengaruh besar terhadap risiko sleep paralysis adalah posisi tidur. Sejauh ini para korban tindihan mengalami momen tersebut pada saat tidur telentang. Tentu saja hal ini harus diperhatikan dengan baik.

Jadi pada dasarnya, Semua harus tidur dengan posisi lain selain telentang untuk menghindari gangguan tidur satu ini. Bisa menyamping, atau bisa juga miring. Intinya, hindari posisi telentang karena posisi tersebut berisiko memancing terjadinya paralysis.

Cara Mengatasi Sleep Paralysis dengan Mudah di Rumah
Cara Mengatasi Sleep Paralysis dengan Mudah di Rumah

Lakukan Meditasi Jika Diperlukan

Cara mengatasi sleep paralysis lainnya adalah dengan meditasi. Meditasi terbukti ampuh untuk merelaksasi tubuh. Hal ini juga mengurangi kadar stres pada pikiran. Secara fisikal, meditasi ini juga bisa merelaksasi otot kaku serta tekanan pada bagian dada.

Berdasarkan beberapa penelitian, meditasi juga sangat berkhasiat untuk mengatasi script paralysis. Dengan melakukan meditasi secara rutin, pikiran akan menjadi positif. Kesehatan mental akan terjaga sehingga kualitas tidur akan meningkat. Secara otomatis ini akan mengurangi risiko terjadinya tindihan.

Tanpa disadari, stress menjadi salah satu pemicu terjadinya ketindihan. Karenanya cara terbaik untuk menghindarinya adalah dengan menghilangkan stres itu sendiri. Meditasi dipercaya sebagai cara mengatasi sleep paralysis terbaik karena menekan stres dengan sangat kuat. Ketenangan diri atau pikiran bisa membuat tidur lebih nyenyak serta berkualitas.

Kurangi Minuman Beralkohol atau Kafein

Beberapa penelitian membuktikan jika alkohol atau kafein berdampak buruk terhadap kualitas tidur. Kandungan kafein pada kopi membuat pikiran seseorang mudah cemas. Parahnya mereka juga cenderung kesulitan untuk tidur. Sudah tentu hal ini memicu terjadinya sleep paralysis.

Karenanya mengurangi konsumsi kopi bisa membuat risiko terkena ketindihan menjadi berkurang. Terlebih jika kafein ini suka dikonsumsi di malam hari. Namun jika hanya sekali saja tidak mengapa karena terdapat kandungan baik juga pada kopi saat dikonsumsi.

Selain kopi, Cara mengatasi sleep paralysis lainnya adalah mengurangi konsumsi alkohol. Memang benar jika para penikmat alkohol dan judi bola jauh lebih mudah tidur. Hanya saja kualitas tidurnya sangat tidak bagus. Para pecinta alkohol mudah terbangun tengah malam. Mereka biasanya sulit untuk tidur kembali setelahnya.

Di sisi lain mereka juga memiliki peluang stres tinggi akibat ketergantungan terhadap alkohol itu sendiri. Hindari konsumsi kafein atau alkohol berlebih untuk bisa mengantisipasi risiko terjadinya ketindihan ini.

Tidak hanya beberapa poin di atas, untuk memaksimalkan cara-cara tersebut, suasana kamar tidur nyaman juga harus diciptakan. Atur pencahayaan kamar dengan baik. Ciptakan juga suasana kamar yang rapi. Ini akan membuat kualitas tidur jauh lebih baik. Tentunya ini menjadi salah satu cara mengatasi sleep paralysis untuk dilakukan.