November 17, 2019
  • 12:09 pm Tips Mengatasi Sugar Craving Agar Diet Tetap Sehat
  • 11:24 am Ingin Terhindar Dari Migrain? Hindari Mengkonsumsi Makanan Ini!
  • 11:49 am Mencegah Bau Badan Pada si ABG
  • 11:47 am Kunyit, Si Kuning Yang Penuh Manfaat
  • 6:38 am Ketahui ini sebelum Anda memulai Diet
Mencegah Bau Badan

Untuk anda yang mempunyai anak remaja berusia tanggung hobbi bermain dengan agen poker terpercaya, pernahkah mencium bau badan ketika mereka lewat di hadapan anda? Atau mendapati baju seragam nya berwarna kuning tepat pada bagian ketiaknya? Berarti anak anda sudah masuk usia pubertas.

Pada usia sekitar 8 sampai 14 tahun, perubahan hormon terjadi secara masif pada tubuh remaja. Kelenjar keringat mulai aktif dan memproduksi lebih banyak keringat pada tubuh.

Mencegah Bau Badan
Mencegah Bau Badan

Salah satu kelenjar yang baru aktif pada masa pubertas adalah kelenjar apokrin. Kelenjar ini biasanya terletak dalam lipatan kulit seperti ketiak. Ketika bereaksi bersama bakteri, keringat berubah menjadi asam dan menimbulkan bau kurang sedap.

Apabila situasi tersebut dibiarkan, akan berpengaruh kepada kepribadian si remaja. Biasanya mereka menjadi tidak percaya diri dan bahkan sering menjadi korban bully dari teman-temannya. Selain dari perubahan hormonal berikut adalah beberapa penyebab bau badan pada si ABG:

  1. Kurang menjaga kebersihan badan. Ada sebagian remaja yang malas untuk mandi atau gosok gigi. Hal ini bisa memicu semakin banyaknya bakteri penyebab bau badan atau lebih parah nya lagi bisa berakibat penyakit kulit seperti eksim dan gatal-gatal.
  2. Tidak mau menggosok gigi dengan rutin pun bisa mengakibatkan rusaknya gigi dan bau mulut akibat rongga mulut yang tidak higinis. Mengkonsumsi alkohol pun bisa menjadi pemicu bau mulut
  3. Mengidap penyakit yang serius seperti ginjal atau serangan jantung pun bisa mengakibatkan produksi keringat yang berlebih dan menimbulkan bau yang kurang sedap.
Mencegah Bau Badan
Mencegah Bau Badan

Apakah ada cara-cara yang bisa dilakukan untuk mencegah bau badan pada si ABG? Tenang, berikut beberapa tips yang bisa di praktekkan:

  • Jagalah selalu kebersihan badan terutama pada bagian ketiak, basuh dengan sabun antiseptic supaya mencegah bakteri berkumpul di bagian tersebut.
  • Deodoran atau anti perspirant bisa digunakan untuk pemakaian sehari-hari sehingga bisa mengurangi bau badan yang menganggu.
  • Mandi lah secara teratur untuk mencegah badan dari tumpukan keringat. Kondisi badan yang bersih dan sehat bisa mencegah bau badan.
  • Gunakan baju dengan bahan yang menyerap keringat seperti katun. Hal ini bisa membantu keringat menguap dari kulit.
  • Usahakan untuk mengkonsumsi makanan sehat yang tidak berbau menyengat. Makanan dengan bau yang tajam dapat merangsang produksi keringat berlebih pada remaja.
  • Pada sebagian remaja terutama laki-laki, bau pun bisa menyebar ke kaki. Cucilah dengan teratur, usahakan memakai kaos kaki yang nyaman dan menyerap keringat serta gantilah setiap hari.
Mencegah Bau Badan
Mencegah Bau Badan

Kapan kita memerlukan perawatan medis?

Apabila bau badan terjadi dengan durasi yang lama walaupun sudah lewat masa pubertas, mungkin ada tanda-tanda tidak beres pada tubuh si remaja.

Orang yang mengidap penyakit seperti jantung, ginjal atau diabetes cenderung memproduksi keringat berlebih. Hal ini tidak boleh dibiarkan, anda perlu berkonsultasi kepada dokter untuk mendapatkan pengobatan yang tuntas.

Pencegahan dan tindakan pengobatan bau badan pada remaja membantu mereka untuk mengurangi stress atau rasa kurang percaya diri. Pada beberapa kasus ada remaja yang sampai bunuh diri karena mereka tidak tahan dengan ejekan dari teman-teman nya akibat bau badan. Tentu hal itu tidak anda harapkan bukan?

Apakah anda mengalami masalah yang sama? Mungkin anda bisa berbagi pengalaman untuk mencegah dan memberi tindakan terhadap bau badan pada si ABG.Yuk berbagi informasi !

admin

RELATED ARTICLES