June 18, 2021 3:37 am
Mengenal Jenis Mineral Penting Bagi Tubuh Beserta Fungsinya

Mengenal Jenis Mineral Penting Bagi Tubuh Beserta Fungsinya

Jenis mineral penting bagi tubuh sebetulnya sangat banyak. Namun jarang sekali orang ingin memahami hal ini. mereka lebih condong mempelajari jenis makanannya dibanding jenis kandungan mineral pada makanan itu sendiri.

Memahami jenis-jenis mineral sangatlah penting. Karena tubuh manusia ini tidak hanya membutuhkan karbohidrat, protein, atau lemak saja. Agar bisa berfungsi dengan optimal, tubuh membutuhkan berbagai jenis mineral. Sudah tentu mineral-mineral ini terkandung pada makanan ataupun minuman. Semua orang biasa mengonsumsinya dalam kehidupan sehari-hari.

Berdasarkan penelitian oleh para ahli, jenis mineral penting bagi tubuh terbagi menjadi dua. Jenis pertama adalah makro mineral, sedangkan jenis lainnya adalah mineral. Setiap jenis mineral tersebut tentu saja memiliki karakteristik beserta fungsinya masing-masing.

Mengenal Jenis Mineral Penting Bagi Tubuh Beserta Fungsinya
Mengenal Jenis Mineral Penting Bagi Tubuh Beserta Fungsinya

Jenis Makro Mineral

Makro mineral adalah senyawa atau mineral penting bagi kebutuhan tubuh manusia. Asupannya diminta dalam jumlah banyak. Jadi bisa dibilang jika mineral satu ini adalah kebutuhan pokok tubuh. Ada beberapa jenis makro mineral untuk dikonsumsi setiap harinya.

  1. Fosfor

Fosfor merupakan salah satu mineral penting untuk tubuh manusia pada umumnya. Mineral ini memiliki fungsi untuk membentuk sel serta enzim pada tubuh. Di sisi lain, fosfor juga memiliki fungsi untuk menjaga kualitas metabolisme tubuh serta melindungi tulang.

Dalam satu hari, tubuh membuat 700 mg fosfor. Perlu diketahui ada beberapa jenis makanan dengan kandungan fosfor tinggi. Salah satu diantaranya adalah daging sapi, ikan, serta daging ayam segar.

  1. Kalsium

Jenis mineral makro selanjutnya adalah kalsium. Kalsium merupakan mineral penting bagi tubuh dalam jumlah banyak karena peranannya sangat besar terhadap kesehatan. Kalsium ini memiliki fungsi utama untuk menjaga kepadatan tulang pada seluruh tubuh.

Di samping itu kalsium juga membantu pembekuan darah. Keberadaan kalsium juga memiliki fungsi untuk mengaktifkan enzim lain dengan khasiat besar terhadap tubuh. Bahkan beberapa penelitian juga membuktikan jika kalsium ini bisa mencegah Preeklampsia terjadi pada tubuh.

  1. Magnesium

Jenis mineral lain bagi tubuh adalah magnesium. Fungsi magnesium ini sangatlah vital, yakni untuk mengatur gula darah, tekanan darah, serta kontraksi otot pada tubuh. Mineral penting bagi tubuh satu ini juga berkhasiat untuk memperkuat sinyal pada bagian saraf lalu memproduksi beberapa enzim penting bagi tubuh.

Magnesium ini banyak terkandung pada sayuran hijau, cokelat, kacang-kacangan serta  alpukat. Dalam setiap harinya, tubuh manusia membutuhkan 320 hingga 420 mg magnesium. Kurangnya magnesium pada tubuh bisa membuat tubuh cepat lemas.

  1. Natrium

Mineral makro terakhir bagi tubuh manusia adalah natrium. Meskipun dibutuhkan oleh tubuh, natrium ini menjadi musuh utama bagi mereka dengan riwayat hipertensi. Namun meskipun begitu, natrium ini memiliki fungsi sangat besar bagi tubuh, yakni menjaga keseimbangan kadar air. Setiap harinya manusia membutuhkan 1500 mg natrium.

Mengenal Jenis Mineral Penting Bagi Tubuh Beserta Fungsinya
Mengenal Jenis Mineral Penting Bagi Tubuh Beserta Fungsinya

Jenis Mikro Mineral

Tidak hanya makro, jenis mineral penting bagi tubuh selanjutnya adalah mikro mineral. Meskipun hanya dibutuhkan sedikit saja oleh tubuh, mikro mineral ini tetap memiliki peranan sangat penting terhadap kesehatan. Berikut ini beberapa jenis mikro mineral dengan peranan besar sehingga sangat dibutuhkan oleh tubuh.

  1. Yodium

Mineral pertama dengan peranan begitu besar bagi tubuh adalah yodium. Mineral satu ini berfungsi untuk mengatur proses metabolisme dengan memproduksi hormon tiroid. Ketika tubuh mengalami kekurangan yodium, akan terjadi kondisi hipotiroid sehingga menyebabkan munculnya gondok serta kenaikan berat badan.

  1. Mangan

Jenis mineral penting bagi tubuh lainnya adalah mangan. MIneral satu ini berfungsi untuk melancarkan siklus reproduksi, membentuk tulang, juga melakukan regenerasi terhadap sel darah merah. Setiap harinya, orang dewasa membutuhkan kurang lebih 2 mg mangan untuk tubuhnya. Mineral satu ini banyak ditemukan pada biji-bijian, serta udang.

  1. Selenium

Mineral lain dengan peranan tidak kalah penting bagi tubuh adalah selenium. Berdasarkan riset, selenium ini berfungsi untuk membentuk DNA, menjaga sel dari kerusakan, serta membantu metabolisme pada hormon tiroid. Menurut para ahli, selenium ini banyak terkandung pada daging ayam, biji-bijian ataupun jamur. Jamur dengan kandungan selenium tertinggi adalah jamur shitake.

  1. Kromium

Mineral terakhir bagi tubuh manusia adalah kromium. MIneral satu ini berfungsi untuk menjaga kadar glukosa pada darah. Di sisi lain, kromium juga bisa meningkatkan hormon insulin pada tubuh. Fungsinya secara umum adalah untuk membantu metabolisme. Setiap harinya, mineral penting bagi tubuh satu ini harus dikonsumsi setidaknya 25 mg saja.