June 18, 2021 3:35 am
Mengenal Penyebab Polip Hidung Serta Cara Mencegahnya

Mengenal Penyebab Polip Hidung Serta Cara Mencegahnya

Ada banyak sekali penyebab polip hidung pada manusia. Tidak hanya mendatangkan penyakit saja, hal-hal ini juga bisa memicu terjadinya penyakit polip kambuhan. Bahkan hal ini terjadi pada mereka meski sudah pernah melakukan operasi pada bagian polip hidung, atau juga mereka dengan kondisi sudah mengecil polipnya.

Perlu dipahami, penyebab utama penyakit polip ini adalah infeksi. Infeksi ini biasanya terjadi pada bagian sinus atau dinding hidung. Sudah tentu infeksi ini dipicu oleh kondisi peradangan pada bagian dalam hidung disebut.

Tidak hanya infeksi saja, alergi juga bisa menjadi pemicu terjadinya polip hidung. Biasanya kombinasi infeksi atau alergi ini menjadi faktor penyebab polip sangat besar. Saat seseorang mengalaminya, bagian dalam hidung beserta sinus akan mengalami ruang, bengkak, atau bahkan iritasi. Hal ini kemudian memicu terjadinya polip pada hidung.

Mengenal Penyebab Polip Hidung Serta Cara Mencegahnya
Mengenal Penyebab Polip Hidung Serta Cara Mencegahnya

Untuk mengantisipasi penyakit satu ini, tentu saja cara terbaik untuk dilakukan adalah memahami penyebab polip hidung itu sendiri. Hal ini kemudian dilanjut dengan cara mencegahnya. Kedua hal ini sangat penting untuk dipahami. Langsung saja, ini dia penjelasan selengkapnya.

Pemicu Penyakit Polip Hidung

Seperti sudah dibahas sebelumnya, pemicu terjadinya polip hidung ini sangatlah banyak. Sayangnya seringkali orang-orang tidak memahami hal ini dengan baik. Akibatnya penyakit menjadi parah karena dibiarkan terlalu lama. Sejauh ini ada beberapa hal penyebab utama terjadinya polip hidung.

  1. Infeksi sinus berulang kali

Penyebab polip hidung pertama adalah infeksi sinusitis berulangkali. Hal ini bisa memicu terjadinya penumpukan lendir pada dinding hidung bagian dalam. Jika dibiarkan dalam waktu lama, kondisi ini bisa memicu peradangan dengan sangat mudah. Peradangan ini kemudian menjadi penyebab utama terjadinya polip hidung.

  1. Penyakit asma

Tidak hanya infeksi sinus saja, hal lain penyebab munculnya polip hidung adalah asma. Beberapa penelitian membuktikan kalau mereka para penderita asma berpotensi terjangkit polip hidung jauh lebih besar. Karenanya para penderita asma harus melakukan pengecekan secara rutin.

  1. Rhinitis alergi

Alergi dengan pemicu alergen mikro seperti debu, bulu serta serbuk sari menjadi salah satu penyebab polip hidung. Hal ini tentu saja harus diketahui oleh mereka dengan risiko lebih besar. Parahnya penyakit polip pada penderita alergi ini bisa terus menerus kambuh. Jadi penderita alergi harus lebih hati-hati.

  1. Fibrosis kistik

Fibrosis kistik menjadi pemicu polip hidung selanjutnya. Penyakit satu ini sebenarnya dipicu oleh kelainan genetik. Mereka dengan kondisi fibrosis kistik cenderung memiliki lendir saluran pernafasan lebih kental sehingga lebih rentan terkena polip hidung.

Selain beberapa penyebab di atas, polip hidung juga bisa disebabkan oleh kekurangan vitamin D pada tubuh, gangguan sistem imun, beserta konsumsi obat anti inflamasi dalam jangka panjang.

Mengenal Penyebab Polip Hidung Serta Cara Mencegahnya
Mengenal Penyebab Polip Hidung Serta Cara Mencegahnya

Cara Mudah Mencegah Polip Hidung

Untuk mencegah polip hidung ada beberapa hal untuk dilakukan. Tentunya cara pertama adalah memahami penyebab polip hidung di atas. Namun langkah terbaik untuk mengatasi kelainan organ pernafasan satu ini adalah dengan menghindari penyebab iritasi hidung itu sendiri.

Dalam hal ini ada beberapa pemicu iritasi hidung dengan potensi paling sering terjadi. Salah satunya adalah asap rokok, bahan kimiawi, polusi udara atau debu. Kurangi kontak langsung dengan beberapa zat di atas. Bisa juga menggunakan masker sebagai lapis keamanan pertama.

Pastikan juga untuk menjaga kebersihan tangan saat hendak menyentuh bagian dalam hidung. Caranya adalah dengan rajin mencucinya, terutama setelah bepergian. Bakteri pada tangan setelah bersentuhan dengan sinus akan memicu terjadinya peradangan.

Karena penyebab polip hidung paling utama adalah peradangan, ciptakan juga suasana lembab di dalam rumah. Caranya adalah dengan menggunakan humidifier. Perangkat satu ini akan meminimalisir risiko terjadinya peradangan pada hidung untuk kemudian menjauhkan penyakit polip.

Untuk hasil lebih maksimal, gunakan juga pembersih rongga hidung. Obat ini bisa dibeli di apotek terdekat. Pastikan tidak ada iritan atau juga alergen di dalamnya. Jika misalkan tidak ada, semuanya bisa menggunakan semprotan air garam sebagai pengganti. Larutan satu ini terbukti ampuh untuk mengatasi penyebab polip hidung seperti sudah dijelaskan di atas.